Kiat Menciptakan Keluarga Harmonis

Memiliki keluarga yang harmonis tentu menjadi impian setiap keluarga. Tapi sayangnya banyak keluarga yang tidak menyadari bahwa untuk menciptakan keluarga yang harmonis memerlukan usaha yang harus disadari oleh masing-masing pasangan. Kenapa harus masing-masing pasangan? Tentu saja ya, karena jika hanya satu pihak saja yang berusaha tentu suatu keharmonisan tidak akan tercapai. Meskipun begitu sebenarnya bukan satu hal yang sulit untuk mewujudkannya tapi juga bukan satu hal yang dianggap mudah.

Dalam rangka menciptakan keluarga harmonis, ada hal-hal ringan yang mungkin tidak anda sadari bahwa ternyata hal tersebut mampu memberikan dampak positif untuk keluarga anda. Hal tersebut adalah berawal dari pribadi setiap anggota keluarga yang menjadi pribadi yang menyenangkan untuk orang lain. Untuk menjadi pribadi yang menyenangkan anda bisa memulainya dengan berusaha menjadi orang yang baik, tidak bersikap arogan, tidak egois dan mencoba untuk memahami anggota keluarga yang satu dan yang lainnya. Dengan begitu kehadiran anda tentu akan selalu diharapkan oleh setiap anggota keluarga anda.

Jika anda meruapakan pemimpin dalam rumah tangga anda bisa mencoba untuk menjadi pemimpin yang adil dan bijak. Meskipun hal ini bukan satu hal yang mudah tapi anda harus berusaha untuk menjadi pemimpin yang mampu memberikan kenyamanan untuk setiap anggota keluarga. Dengan memberikan kasih sayang dan perhatian tanpa harus pilih kasih kepada masing-masing anggota keluarga bisa menjadi senjata ampuh untuk menciptakan kedamaian dalam rumah.

Menjalin komunikasi yang baik antar keluarga juga bisa menjadi solusi yang efektif untuk menciptakan keluarga harmonis. Sikap terbuka sangatlah penting untuk mengurangi beban pikiran sehingga bisa menghindari pelampiasan-pelampiasan negatif jika masalah telah menumpuk. Menjalin komunikasi tidak hanya diperlukan untuk suami dan istri saja tapi juga untuk anak dan juga pembantu jika ada.

Selain itu, hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan keluarga harmonis adalah senantiasa menjadi pribadi yang selalu introspeksi diri. Banyak dari keluarga yang akhrinya bercerai akibat pasangan yang enggan untuk berintrospeksi diri hingga akhirnya mereka saling menyalahkan. Bagaimanapun juga, introspeksi diri adalah wujud kesadaran manusia bahwa tidak ada manusi yang sempurna, sehingga mereka akan menyadari jika orang lain juga wajar jika sempat melakukan kesalahan.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Comments

comments

This entry was posted in KELUARGA and tagged . Bookmark the permalink.

Cara Cepat Hamil

Comments are closed.