Penyebab Anak Minder dan Solusinya

Anak yang minder adalah anak yang kurang percaya diri. Faktor yang paling mempengaruhi munculnya rasa minder pada anak salah satu diantaranya adalah cara mendidik orang tua terhadap anak. Peran orang tua memang sangat besar untuk perkembangan anak. Itulah sebabnya orang tua harus mengetahui bagaimana sebenarnya cara mendidik anak dengan benar sehingga tidak sampai mematikan rasa percaya diri pada anak.

Cara mendidik orang tua yang salah dengan sering kali melontarkan kata-kata seperti “dasar anak bodoh, tolol ” dan lain-lain ternyata akan memberikan dampak psikologis negative pada anak. Bahkan jika saking seringnya orang tua melontarkan kata-kata tersebut bisa jadi justru mematikan kreatifitas dan rasa percaya diri anak. Akibatnya anak justru akan sulit untuk bergaul dengan orang lain dan juga mudah tersinggung karena rasa percaya diri yang hilang.

Dampak negatif dari cara mendidik anak yang salah ini juga akan berdampak pada psikologis anak pada jangka waktu yang lama. Bahkan jika anak sudah beranjak dewasa dia akan jenderung sulit untuk mencarai pasangan karena rasa takut ditolak, dihianati dan lain-lain. Bahkan dia juga akan cenderung lebih sensitif pada perkataan atau sikap orang lain yang dia anggap menyinggung, akibatnya dia justru lebih memilih untuk menyendiri atau jika tingkatannya sudah parah dia bisa dikategorikan sebagai anak yang anti sosial (anti bergaul). Jika hal tersebut terjadi pada anak anda berarti anda harus banyak instrospeksi diri tentang cara mendidik anak anda.

Jika anak sudah terlanjur menjadi anak yang minder serta tidak pitar bergaul dengan temannya, tentu anda perlu waspada dan segera  menolong anak untuk bbangkin dari rasa minder tersebut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri anak sejak dini sebelum semuanya terlambat. Bebera pa langkah yang bisa anda lakukan untuk membantu si anak adalah dengan mengajaknya jalan-jalan untuk menambah wawasan anak, menunjukkan kelebihan yang dimiliki oleh anak, serta mencoba mempa carahami kebutuhan dan kemampkuan anak. Melalui beberapa cara tersebut, anak akan mulai merubah pola pikir yang pernah tertanam sebelumnya.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Comments

comments

This entry was posted in PARENTING and tagged . Bookmark the permalink.
Cara Cepat Hamil

Comments are closed.