Tips untuk Kehamilan Bayi Kembar yang Sehat

Wanita yang mengandung bayi kembar tentu memiliki beban ekstra untuk menjaga kesehatan karena ia harus menunjang dua anak alih-alih satu di dalam rahimnya.  Yang harus diingat dari kehamilan kembar adalah sang ibu akan membutuhkan jumlah kalori yang jauh lebih banyak seiring waktu karena ada lebih banyak bayi yang menyerap zat gizi dari tubuhnya. Di samping itu, wanita yang mengalami kehamilan kembar biasanya akan lebih sulit makan saat bulan-bulan terakhir kehamilannya lantaran sering merasa ‘penuh,’ sehingga resiko kurang makan cukup tinggi. Tetapi, jangan sampai menganggap kehamilan kembar adalah bencana, karena ada trik dan tips khusus agar kehamilan kembar menjadi lebih mudah dijalani.

Pertama-tama, secara umum, wanita yang hamil bayi kembar memiliki kebutuhan kalori standar sekitar 3,500 kalori per hari untuk menunjang kondisi kesehatan ibu dan anak yang maksimal. Tetapi, ada kalanya seorang wanita yang hamil bayi kembar merasa bingung untuk mengetahui berapa kalori yang sudah ia santap. Saran yang mudah adalah makan sebanyak-banyaknya kapanpun bisa, terutama di masa-masa awal kehamilan. Sebabnya, masa-masa akhir kehamilan (sekitar trimester ketiga) biasanya menjadi masa dimana seorang wanita yang mengandung bayi kembar menjadi ogah makan banyak karena merasa ‘penuh.’ Dalam hal ini, jenis makanannya tentu tetap harus yang bergizi dan bukan asal kenyang. Bila seorang wanita hamil merasa tidak nafsu makan, ia bisa mengganjal perut sekaligus merangsang nafsu makan dengan mengonsumsi jus atau smoothie buah, bubur kacang hijau, dan kacang-kacangan.

Berhubung kehamilan bayi kembar sangat menguras energi, seorang wanita yang hamil bayi kembar disarankan untuk menambah jam istirahat dalam sehari selain tidur yang rutin. Tidak perlu banyak-banyak; berbaring santai selama 20 hingga 30 menit atau tidur siang selama 1 jam pun cukup asal dilakukan setiap hari. Selama masa-masa trimester awal dan tengah kehamilan, wanita yang hamil bayi kembar sebaiknya meminta saran pada dokter untuk latihan-latihan ringan yang dapat menjaga kondisi fisik ibu sekaligus memersiapkan tubuhnya untuk persalinan yang lebih mudah. Kehamilan kembar mungkin tidak mudah, namun menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh adalah kunci utama agar wanita yang hamil bayi kembar dapat melewati masa-masa hamil dan melahirkan dengan lancar dan selamat.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Comments

comments

This entry was posted in BALITA and tagged , , . Bookmark the permalink.
Cara Cepat Hamil

Comments are closed.